Connect with us

Review Samsung Galaxy S20 Beserta Fiturnya

Samsung Galaxy S20

ANDROID

Review Samsung Galaxy S20 Beserta Fiturnya

Samsung kembali hadir dengan meluncurkan Galaxy S20-nya dengan desain mungil namun kemampuan luar biasa.

Samsung Galaxy S20

Jaringan 5G dan tampilan 120Hz tersajikan di Samsung Galaxy S20, Samsung melewatkan beberapa poin untuk Galaxy S20 terbarunya, yang diadopsi dari produk andalan Galaxy S10 2019. Ada beberapa alasan bagus untuk mengambil tindakan itu, karena Samsung telah mengemas banyak hal: ini adalah peningkatan besar-besaran, terutama jika Anda ingin mendapatkan ponsel 5G pertama Anda.

KESIMPULAN AWAL

Samsung Galaxy S20 adalah salah satu produk Samsung yang paling mutakhir dalam jajarannya, masih ada lagi yang diatasnya yaitu Galaxy S20 Ultra – tetapi masih merupakan ponsel yang kuat dengan desain yang ergonomis dan menarik, dan pengenalan fitur baru seperti 5G, 120H.

KELEBIHAN

● Tampilan yang benar-benar fantastis
● Kinerja kamera yang luar biasa
● Sudah siap 5G

KEKURANGAN

● Harga lebih mahal
● Pemindai sidik jari kurang akurat
● Tidak semua didukung 5G

Samsung Galaxy S20 lebih murah dan lebih mudah dimiliki, daripada sepupunya Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra, tetapi itu bukan berarti ini adalah perangkat murah atau spesifikasi rendah.

Inilah yang Anda dapatkan: layar 6,2 inci dengan kecepatan refresh 120Hz yang cepat, kecepatan unduh 5G (jika tersedia), kamera spesifikasi tinggi di kedua sisi ponsel, dan baterai kapasitas besar untuk boot.

Ini adalah ponsel yang bisa didapatkan jika Anda ingin mencoba teknologi baru yang ditawarkan Samsung, tetapi Anda tidak tertarik dengan ponsel dengan ukuran besar. Anda bisa menggunakan Ultra jika Anda menginginkan lebih banyak penyimpanan atau kamera 108MP, dengan harga yang lebih mahal, tetapi untuk penggunaan sehari-hari, S20 akan menjadi pilihan terbaik bagi kebanyakan orang.

Baca Juga : Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy S20

Spesifikasi Samsung Galaxy S20

PriceRp 12.900.000 ( Rilis )
ChipsetSnapdragon 865 (non-plus)
CPUOcta-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) – Global
GPUMali-G77 MP11 – Global
Adreno 650 – USA
System OperatingAndroid 10, One UI 2.5
RAM8 GB
Internal128GB
Dimensions151.7 x 69.1 x 7.9 mm (5.97 x 2.72 x 0.31 in)
Slot SIMNano-SIM and/or eSIM
Size6.2″
Camera12 + 12 + 64MP
Resolution1440 x 3200 pixels
Video8K@24fps, 4K@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@960fps
DataGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
Battery4000mAh

Desain dan Tampilan

Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20 memiliki layar 6,2 inci, menawarkan layar 0,1 inci lebih banyak daripada S10 6,1 inci tahun 2019. Itu tidak mengubah ukuran keseluruhan ponsel, dan resolusi maksimalnya tetap sama dengan model Samsung Galaxy S terbaru di WQHD + (3040 x 1440).

Samsung masih menawarkan resolusi default Full HD + (2220 x 1080), yang terlihat lebih dari cukup tajam untuk sebagian besar keperluan video, serta hemat baterai, Anda harus membuka setelan untuk beralih ke resolusi yang lebih tinggi.

Peningkatan besar untuk Galaxy S20 adalah tampilan kecepatan refresh 120Hz maksimum. Ini adalah dua kali lipat tingkat di mana tampilan direfresh pada sebagian besar ponsel, termasuk perangkat Samsung sebelumnya

Hal ini terutama penting saat Anda bermain game seluler karena memungkinkan pengalaman yang lebih imersif dan bahkan dapat memberi Anda keunggulan atas lawan, hal ini membuat kegiatan sehari-hari seperti menggulir feed media sosial Anda juga terlihat lebih mulus.

Sensitivitas sentuh juga ditingkatkan, dari 120Hz ke 240Hz sehingga bermain game lebih responsif, dengan merasakan sapuan jari Anda di layar pada kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Inilah kabar buruknya: tidak ada sekuel Galaxy S10e (yang terkecil dan termurah, dari kisaran S20) yang menawarkan ukuran layar 5,8 inci kepada Anda yang mempunyai tangan lebih kecil.

Ponsel S20 adalah yang pertama pada seri S yang tidak memiliki jack headphone 3.5mm. Itu berarti Anda harus menggunakan adaptor (yang tidak disertakan dalam kotak) dengan headphone berkabel 3,5 mm Anda saat ini, atau mendapatkan pasangan dengan koneksi USB-C.

Bagian belakang ponsel ini terbuat dari kaca, namun terasa lebih premium dari sebelumnya. Kamera yang menonjol adalah masalah utama, itu berarti ponsel akan bergoyang dari sisi ke sisi jika Anda meletakkannya di permukaan.

Ada total tiga warna Galaxy S20, tetapi tidak semuanya tersedia di setiap pasar. Variannya adalah Cloud Blue, Cosmic Grey, Cloud Pink.

Kamera

samsung galaxy s20

Samsung telah membuat beberapa langkah penting ke depan dengan pengaturan kamera pada Samsung Galaxy S20 ketika Anda membandingkannya dengan Galaxy S10, tetapi tidak semua peningkatan tercermin dalam statistik yang Anda lihat di daftar spesifikasi.

Kamera utama, yang tetap 12MP, memiliki aperture f / 1.8. Itu secara teoritis lebih rendah dari aperture ganda f / 1.5 + f / 2.4 S10, yang berubah untuk menyesuaikan kondisi pencahayaan dengan pengaturan ‘lebih lebar’ f / 1.5 yang menarik lebih banyak cahaya untuk meningkatkan bidikan cahaya rendah.

Namun, Samsung telah meningkatkan ukuran piksel individu di sini, dari 1,4 mikron menjadi 1,8 mikron. Dikombinasikan dengan sensor yang lebih besar, menangkap lebih banyak detail dan lebih banyak cahaya, itu yang akan terjadi saat lokasi lebih gelap atau low light.

Ada juga kamera telefoto 64MP baru, yang mungkin terdengar seperti peningkatan besar dibandingkan kamera telefoto 12MP tahun lalu. Di sini piksel individu lebih kecil daripada kamera tahun lalu, tetapi jumlah megapikselnya jauh lebih tinggi dan aperture lebih lebar (f / 2.0 daripada f / 2.4 – angka yang lebih kecil lebih baik).

Ini adalah hasil yang positif secara keseluruhan, memungkinkan adanya 3x zoom lossless dan merupakan yang terbaik pada smartphone sejauh ini. Ada juga zoom digital 30x jika Anda membutuhkannya, kami merasa ini berguna dalam beberapa kasus. Namun, Anda tidak dapat menggunakan resolusi yang lebih tinggi dan teknologi stabilisasi canggih dari Samsung secara bersamaan – Super Steady masih pada 1080p (bahkan tidak berfungsi dalam 4K). Meskipun perekaman 8K dibatasi hingga 24fps, ini memiliki satu keuntungan besar: Anda dapat memotong dan mengedit video tanpa mengurangi kualitas jika Anda mengekspor ke 4K atau 1080p.

Anda akan mendapatkan foto, ultra-lebar, potret, video hyperlapse, video biasa, dan sebagainya, tidak setiap bidikan atau klip sempurna

5G

samsung galaxy s20

Galaxy S20 adalah peluang pertama terbaik bagi konsumen arus utama untuk mendapatkan 5G di ponsel cerdas mereka. Hanya 1% dari smartphone yang dikirim pada tahun 2019 adalah ponsel 5G, dan sebagian besar lebih mahal dari flagships 4G. S20 sebagian besar adalah 5G secara default – seperti yang disebutkan, di beberapa pasar Anda dapat membeli ponsel versi 4G, tetapi 5G adalah normal, dan kecepatan unduh rata-rata akan berkisar sekitar 200Mbps, 6x lebih besar dari kecepatan 4G di beberapa bagian Dunia.

Hal ini, tentu saja, bergantung pada ketersediaan 5G di wilayah Anda dari penyedia jaringan, Ada perbedaan penting antara kapabilitas 5G Samsung Galaxy S20 di satu sisi, dan S20 Plus dan Ultra di sisi lain. Sementara ketiganya mendukung teknologi low-to-mid-band sub-6, hanya Plus dan Ultra yang memiliki antena mmWave, yang menurunkan kecepatan lebih cepat.

Jaringan mmWave terbatas – jadi Anda harus relatif dekat dengan pemancar untuk mendapatkan sinyal. Jadi meskipun S20 cepat, kerabatnya yang lebih besar akan lebih cepat jika sama-sama support mmWave.

Performa dan software

Galaxy S20 didukung oleh salah satu dari dua chipset berbeda, dan tempat tinggal Anda akan menentukan versi yang Anda dapatkan. Jika Anda berada di AS, Anda akan mendapatkan chipset Qualcomm Snapdragon 865 kelas atas, sementara di seluruh dunia mendapatkan Exynos 990 kelas atas yang serupa dari Samsung.

Galaxy S20 menjalankan Android 10, dan diharapkan akan mendapatkan peningkatan ke Android 11 nanti pada tahun 2020 ke versi terbaru dari sistem operasi Google. One UI milik Samsung sendiri dilapisi, sehingga akan terlihat berbeda dengan perangkat lunak yang mungkin Anda gunakan di ponsel Android lain yang tidak dibuat oleh Samsung, tetapi desainnya menarik dan mudah digunakan.

Samsung menyertakan banyak aplikasinya sendiri di perangkat, tetapi jika Anda tidak menginginkannya di ponsel, Anda dapat menghapus sebagian besar aplikasinya dan tetap menggunakan opsi bawaan Google sendiri. Anda dibatasi hanya dengan penyimpanan 128 GB di Galaxy S20 – tidak ada opsi yang lebih besar. Ini seharusnya lebih dari cukup ruang untuk rata-rata pengguna, tetapi jika Anda berencana untuk merekam banyak video 4K, Anda mungkin ingin menggunakan slot kartu microSD.

Galaxy S20 mendukung kartu hingga 1TB – jika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan internal, Anda sebaiknya memilih Galaxy S20 Ultra atau Galaxy S20 Plus yang menawarkan opsi 256GB dan 512GB.

Ketahan Baterai

samsung galaxy s20

Jika ada satu hal yang kita ketahui tentang 5G adalah bahwa teknologi internet super cepat adalah menguras baterai, dengan pemikiran itu Samsung telah melengkapi Galaxy S20 dengan paket daya 4.000 mAh, peningkatan yang signifikan dari kapasitas 3.400mAh pada S10. Galaxy S20 memiliki masa pakai baterai yang solid yang akan dengan mudah saat Anda menggunakan seharian penuh.

Fitur pengisian daya cepat Samsung berfungsi dengan baik – jika Anda memiliki penyiapan pengisi daya yang tepat, Anda bisa mendapatkan dari nol hingga 100% dalam waktu kurang dari satu jam. Ada juga pengisian daya nirkabel 15W yang ditawarkan, dan meskipun tidak secepat jenis kabel, opsi ini selalu berguna.

Seperti smartphone S10 tahun lalu, rangkaian S20 menampilkan fitur pengisian nirkabel terbalik dari Samsung, yang memungkinkan Anda menggunakan S20 untuk mengisi daya gadget lain yang mendukung pengisian daya Qi.

Click For Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OTHER INFO FOR ANDROID

To Top