Connect with us

Canon EOS R5 Review

Canon EOS R5 Review

CANON

Canon EOS R5 Review

Canon EOS R5 merupakan kamera Canon terbaik saat ini untuk kebutuhan photography tidak menutup kemungkinan untuk pengambilan beberapa video.

Canon EOS R5

Beragam inovasi diciptakan oleh Canon melalui beragam kamera seperti Canon EOS R5 yang memiliki fitur dan kemampuan yang luarbiasa, tak heran kamera ini menjadi yang terbaik dalam jajarannya.

KESIMPULAN AWAL

Kamera still terbaik Canon EOS R5 adalah device yang luar biasa kuat untuk hampir semua jenis fotografi. Meskipun keserbagunaan itu tidak cukup meluas ke video, ini masih merupakan opsi hybrid yang menarik jika Anda menyadari keterbatasannya. Satu-satunya faktor utama bagi kebanyakan orang adalah label harga yang cukup mahal.

● Device yang telah dicoba dan diuji
● Kamera foto yang sangat serbaguna
● Fokus otomatis yang luar biasa
● Masa pakai baterai lebih lama
● Sistem IBIS yang kuat
● Harga sangat mahal
● Perekaman video dibatasi
● Butuh kartu memori ganda
Canon EOS R5

Bagi para still fotografer, tidak akan mendapti masalah pada Canon EOS R5. Ini merupakan kamera mirrorless terbaik Canon sejauh ini, pada jarak tertentu. Kombinasi sistem fokus otomatis generasi lanjut, kualitas gambar yang sangat baik, dan pengambilan gambar kontinu 12fps / 20fps yang cepat berarti ini adalah kamera yang sama nyamannya (dan mampu) saat digunakan dalam studio dengan pencahayaan profesional. Fokus otomatis EOS R5 layak mendapat perhatian khusus. Deteksi lensa sangat akurat, sementara pendeteksian dan pelacakan subjeknya juga mengesankan.

Baca Juga : Kamera Canon Terbaik 2020

Tanggal rilis dan harga Canon EOS R5

Canon EOS R5

Canon EOS R5 dirilis pada 30 Juli dengan harga peluncuran body-only $ 3.899 atau kisaran Rp.54.876.000

Canon telah membantah desas-desus bahwa mereka akan menunda pengiriman batch kamera berikutnya, tetapi tentu saja penundaan mungkin terjadi

Tentu saja, label harga itu merupakan investasi besar, terutama selama pandemi global. Tapi itu masih dalam perkiraan rival terdekatnya. Ini hanya sedikit lebih banyak daripada Sony A9 Mark II dengan resolusi lebih rendah, hanya 4K dan Sony A7S III yang baru diumumkan di sebagian besar wilayah. Ini juga sangat sesuai dengan harga asli Canon EOS 5D Mark IV, yang dimulai dari $ 3.499 atau berkisar Rp49.246.000. ketika diluncurkan pada tahun 2016.

Desain dan penanganan

● Beratnya 738g tanpa lensa
● Joystick AF belakang, bukan Touch Bar
● EVF 5,76 juta piksel yang mengesankan

Dari segi desain, tidak tampak perubahan besar pada Canon EOS R5. Dalam hal lebar dan tinggi, EOS R5 hampir identik dengan kamera sebelumnya dan berat 70g telah ditambahkan.

Secara signifikan, bilah sentuh EOS R – strip peka sentuhan di kanan atas kamera, Sebagai gantinya adalah joystick tebal dan menonjol untuk menavigasi titik fokus otomatis dan menu, di sepanjang garis kontrol pada kamera canggih Canon lainnya.

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah desain praktis saat di tangan. Bobotnya yang 738g dengan kartu dan baterai sangat baik dibandingkan dengan Canon EOS 5D Mark IV 890g, EOS R5 masih terasa kokoh, yang membuatnya mudah dan nyaman saat dipegang, juga mudah untuk dibawa-bawa tanpa terasa berat. Ketahanan cuaca dikatakan memenuhi standar seri 5D Canon, yang menurut para profesional berarti R5 harus lebih tahan terhadap cuaca buruk daripada beberapa kamera lain.

Sentuhan cerdas Canon dalam hal membuat kamera yang cepat dan mudah digunakan adalah buktinya. Bersamaan dengan joystick empat arah itu, yang memudahkan penelusuran menu atau memilih titik fokus otomatis, Anda juga mendapatkan roda klik di bagian belakang, ditambah tombol di belakang tombol rana dan cincin di sekitar tombol mode.

Jangan lupa bahwa lensa pemasangan RF juga memiliki cincin kontrol, jadi menyiapkan EOS R5 begitu mudah. Jika Anda penggemar kamera Canon lain, kurva belajar pada dasarnya standar R5 mudah untuk disesuaikan. Anda akan menemukan menu yang responsif, intuitif, dan kuat, baik Anda pengguna yang ahli atau yang pertama kali terjun ke dunia fotografi.

Tampilan persegi di kanan atas kamera menampilkan informasi saat anda melakukan pemrotretan. Ini adalah cara yang sangat bermanfaat untuk menjaga agar monitor belakang tetap mati saat pengambilan gambar, dan layar sekunder memiliki lampu latar yang dapat Anda nyalakan dan matikan secara manual. Monitor layar sentuh juga bagus, berukuran 3.15 inci dan menawarkan resolusi 2.1MP. Ini juga vari-angle, yang berguna untuk video.

Satu-satunya yang bisa menandingi untuk resolusi saat ini adalah EVF 9,44 juta piksel milik Sony A7S Mark III. Dan meskipun R5 mungkin hanya menawarkan 5,76 juta piksel.

Spesifikasi dan fitur

● Sensor full-frame 45MP (efektif)
● Prosesor DIGIC X yang sama dengan EOS 1D X Mark III
● 8K video recording

EOS R5 mungkin adalah kamera mirrorless hybrid terbaik yang ada di pasaran. Ini adalah resolusi tinggi dan full-frame, menghasilkan 8.192 x 5.464 file resolusi yang berkapasitas rata-rata sekitar 60MB. Artinya, pada mode motor kontinu tercepat R5, Anda memotret sekitar 1,2 GB per detik.

Berbicara tentang penyimpanan, R5 menghadirkan solusi level pro ke meja, menawarkan slot kartu SD standar dan slot CFexpress. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan penyimpanan kamera yang tersedia, merekam ke dua kartu untuk pencadangan, atau merekam file mentah ke satu kartu dan JPEG ke kartu lainnya.

Kartu memori lebih berperan jika Anda berencana menggunakan kemampuan pembuatan film pada R5. Mode video kelas atas, termasuk 4K 10-bit HEVC (yang akan Anda rekam di Canon LOG atau HDR PQ), 4K ALL-I 50 / 60fps, 4K 100 / 120fps atau 8K ALL-I atau mentah, semuanya membutuhkan kartu CFexpress.

Autofocus

Canon EOS R5

● 5,940 AF zones
● Animal and face-detection
● 100 persen cakupan fokus otomatis horizontal

Autofokus Canon EOS R5 hampir tidak bisa dipercaya. Eye-detection secara praktis sempurna, menangkap wajah manusia dan stabil bahkan dengan subjek yang bergerak maju atau mundur dengan cepat melalui bingkai. Deteksi dan pelacakan subjek juga mengesankan.

R5 menggunakan autofokus Dual Pixel CMOS versi baru, yang berarti pemfokusan dilakukan pada sensor itu sendiri. Ini memungkinkan Anda memilih secara manual dari 5.940 titik AF yang berbeda di 100 persen dimensi horizontal sensor dan 90 persen vertikal.

Uji coba pada hewan saat ini dilakukan untuk anjing, kucing, dan burung, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk spesies lain, tetapi Canon jelas menyajikan awal yang sangat mengesankan pada EOS R5.

Performa

● Baterai yang kompatibel dengan bagian belakang
● Mode video berkecepatan tinggi
● 12fps mechanical shutter/20fps electronic shutter

Dengan prosesor Digic X yang terpasang, wajar jika kinerja R5 sangat baik. Dengan kartu SanDisk Extreme Pro EOS R5 akan memotret 12fps menggunakan mechanical shutter, atau hingga 20 dengan electronic shutter. Pada bingkai diberi elemen tinggi di dalamnya, dimungkinkan untuk mendeteksi jumlah distorsi yang sangat kecil, tetapi bahkan dengan subjek yang akurat, bingkai yang diambil dengan electronic shutter sama bermanfaatnya dengan mechanical shutter.

Daya tahan baterai juga mendapat banyak acungan jempol. Ini masih bagus daripada kelas DSLR, sekitar empat jam pengambilan gambar yang sangat intensif (sekitar 2.000 bingkai) dengan sekali pengisian daya. Pada pengambilan gambar yang cukup intensif, mungkin membutuhkan dua baterai dalam pemakaian sehari, Karena R5 kompatibel dengan baterai LP-E6N.

Continue Reading
Click For Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OTHER INFO FOR CANON

To Top